Spread the love

Tidak semua orang bisa belajar dengan kemauannya sendiri. Ada beberapa orang yang belajar karena paksaan atau tuntutan untuk mendapat sesuatu. Seseorang yang belajar karena sebuah paksaan atau suruhan orang lain dapat dikategorikan sebagai motivasi eksternal dalam belajar. Sedangkan seseorang yang belajar karena ingin mendapat kesenangan, atau ingin meenambah wawasan baru yang membuat dirinya puas, dapat dikategorikan sebagai motivasi internal dalam belajar.

Motivasi internal memiliki kecenderungan lebih lama untuk bertahan dalam diri seseorang. Berbeda dengan motivasi eksternal yang biasanya akan hilang ketika hal yang memotivasi itu hilang. Lalu apakah berarti motivasi eksternal tidak perlu diperhatikan?

Sahabat pendidik pasti sudah tahu seperti apa jawabannya. Motivasi internal maupun eksternal perlu sama-sama diperhatikan keberadaannya. Hanya saja, motivasi internal memiliki pengaruh yang lebih besar. Jika diri kita sendiri memiliki kemauan yang tinggi untuk belajar, secara otomatis kita akan memperjuangkan proses belajar untuk mendapat wawasan baru. Sedangkan keberadaan motivasi eksternal juga dapat menjadi pemicu atas kemauan dalam diri seseorang. Contohnya pemberian variasi metode belajar bagi siswa yang dapat memicu ketertarikan siswa belajar.

Namun, pada faktanya masih sering ditemukan seseorang yang malas belajar karena tidak memiliki motivasi yang besar. Nah, di artikel kali ini, mimin ingin mengulas tentang trik-trik yang bisa dilakukan agar kita bisa terus semangat belajar. Check it out, yuk!

  1. Menentukan Tujuan Belajar

Kita memiliki kemampuan untuk menentukan sebuah tujuan. Kemampuan ini yang harus selalu kita asah karena menentukan tujuan menjadi poin penting untuk bisa belajar dengan maksimal dan tersistem.

Seseorang yang mengetahui tujuannya dalam belajar, secara otomatis dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Contohnya saja ketika sedang malas belajar, lalu teringat pada tujuan belajar, kita akan kembali tersulut semangat untuk belajar dengan tujuan yang ingin kita capai. Oleh sebab itu, kita perlu menentukan tujuan belajar sebagai penyulut semanagat ketika malas mulai bertandang.

  1. Menggunakan Metode Belajar yang Sesuai

Selain menentukan tujuan, kita juga perlu menentukan metode belajar yang sesuai dengan diri kita. Ada tiga jenis metode belajar. Pertama, metode belajar visual yang berfokus pada penglihatan. Tipe ini biasanya dapat memahami sesuatu dengan lebih mudah melalui proses melihat. Kedua, metode belajar auditori yang berfokus pada pendengaran. Biasanya tipe ini akan lebih mudah memahami sesuatu melalui proses mendengar. Ketiga, metode belajar kinesterik yang melibatkan gerakan. Biasanya tipe ini akan lebih mudah memahami sesuatu melalui gerakan atau praktik.

Nah dari ketiga metode tersebut, kita harus memahami metode mana yang sesuai dengan diri kita sendiri. Bisa jadi salah satu diantara ketiganya, atau dengan menggabungkan dua metode sebagai bentuk kolaborasi metode belajar.

  1. Menyeimbangkan antara Tantangan dan Kemampuan

Sahabat pendidik, pernahkah sahabat merasa lebih semangat ketika menjalani tantangan yang sesuai dengan kemampuan kita? Misalkan kita jago dalam materi Persamaan Linear, lalu kita mengerjakan soal-soal tentang persamaan linear, pasti rasanya lebih senang dan percaya diri dalam mengerjakannya kan?

Nah dalam trik ketiga ini juga sama seperti kasus diatas, sahabat. Dalam belajar, kita perlu memahami kemampuan kita sampai mana. Sehingga ketika menemukan tantangan dalam belajar, secara otomatis kita akan membandingkannya dengan kemampuan yang kita miliki. Nah disinilah perlu adanya rasa percaya diri. Penyeimbangan tantangan dan kemampuan memerlukan rasa percaya diri yang tinggi. Kalau kita memahami trik ini, pasti dapat menambah semangat motivasi belajar.

  1. Mempertajam Keahlian untuk Mencapai Sesuatu

Kita tidak bisa mencapai sesuatu yang kita inginkan dengan keahlian yang biasa-biasa saja. Kita perlu keahlian yang terus diasah untuk mencapai sesuatu. Contohnya, ketika kita memiliki keahlian berbahasa dan keahlian berkomunikasi, tentunya kita akan lebih termotivasi untuk mencapai sesuatu. Lebih percaya diri dari pada jika kita hanya memiliki kemampuan berbahasa saja, Oleh karena itu, mempertajam keahlian juga sangat berguna untuk menambah motivasi belajar kita.

  1. Memperluas Lingkaran Belajar

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita akan semakin semangat belajar jika kita memiliki teman belajar. Memperluas lingkaran belajar dengan berkomunikasi dan menambah wawasan melalui belajar kelompok akan sangat mempengaruhi motivasi kita dalam belajar. Maka kita perlu memperluas lingkaran belajar kita dengan banyak orang yang juga suka belajar.

  1. Memberikan Umpan Balik atas Hasil Belajar

Sahabat pendidik, setiap proses belajar yang kita lakukan pasti akan memunculkan sebuah hasil belajar. Hasil belajar ini perlu yang namanya umpan balik. Salah satu bentuk umpan balik dari hasil belajar kita adalah adanya evaluasi belajar. Contohnya mengevaluasi hasil mngerjakan latihan soal-soal matematika dengan mencermati kunci jawaban dan pembahasan yang sudah ada. Cara ini bisa juga disebut dengan evaluasi mandiri. Namun jika soal-soal yang kita kerjakan tidak ada kunci dan pembahasan jawabannya, maka kita harus meminta guru atau orang tua kita untuk menilai hasil belajar kita. Dengan trik ini kita bisa tahu terkait materi apa saja yang belum kita pahami sehingga kita bisa mempelajarinya lebih intensif di hari berikutnya.

Sahabat, enam trik tersebut adalah beberapa cara yang bisa menjadi jalan untuk meningkatkan motivasi belajar kita. Perlu kita ingat lagi bahwa motivasi belajar sangat penting hubungannya dengan hasil belajar kita. Tanpa adanya dorongan dari dalam diri kita atau tanpa adanya kemauan untuk belajar, kita tidak bisa mendapat hasil yang maksimal. Nah, kira-kira trik nomor berapa aja nih yang udah sahabat terapkan? Atau mungkin ada trik lain yang belum disebutkan diatas? Kalau ada, boleh berbagi di kolom komentar di bawah ini ya

Keberhasilan bukanlah miliki mereka yang pintar, melainkan kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha.” (BJ. Habibie)

Informasi Penting :
Baca Juga  Analisis SWOT Sekolah

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dimasa pandemi Covid-19 ini, Kualita Pendidikan Indonesia akan membantu sahabat pendidik untuk melakukan proses belajar mengajar jarak jauh. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.