kelas sunyi

Suatu saat anda memasuki kelas yang berisikan para siswa yang kelihatan selalu menjaga ketenangan. Saking tenangnya anda sampai bingung untuk mencairkan suasana kelas. Meskipun mereka menuruti apa yang anda sampaikan dan anda instruksikan, tetapi kelas masih terasa kaku dan terlalu sepi dan sunyi.

Pernahkah anda mendapati kelas anda seperti kejadian di atas?

Jika sebelumnya kami membahas tentang bagaimana membuat kelas yang ramai menjadi tenang dan kondusif, nah kini kita akan mengulas mengapa kelas menjadi sunyi dan sepi.

Beberapa 3 penyebab kelas menjadi kaku dan sunyi serta sepi adalah sebagai berikut:

1. Pembawaan Guru (Teacher)

Kita adalah cermin bagi para siswa kita. Saat kita memunculkan kesan atau pembawaan yang kaku dan serius, mereka merespon juga seperti yang mereka tangkap. Pembawaan guru di awal (first impression) ini mampu mempengaruhi kelas. Jika first impression guru yang masuk ke kelas itu hangat dan ramah, maka suasana kelas pun menjadi cair dan dinamis. Sebaliknya, jika masuk ke dalam kelas dengan membawa aura kaku bisa jadi menyebabkan suasana kelas menjadi penuh tekanan.

2. Suasana Kelas (Environment)

Kelas yang kaku dan sepi bisa jadi dikarenakan suasana kelas memang mendukung untuk memunculkan kesan kaku dan sepi. Kelas yang hanya berisikan 4 sisi tembok yang berwarna putih pucat, dipadu padankan dengan suasana yang terbangun oleh pembawaan guru dan ditambah pula dengan ornamen-ornamen yang usang.

3. Metode Pembelajaran (Method)

Metode pembelajaran yang dilaksanakan saat proses pembelajaran adalah salah satu sebab utama karena dengan mengubah metode pembelajaran yang membosankan seperti Direct Instruction yang berpusat pada guru. Pembelajaran yang berpusat pada guru adalah salah satu sebab, atau bisa juga ketidaksiapan siswa dalam mengikuti pola pembelajaran yang telah dirancang oleh guru. Meskipun guru sudah berupaya mengaktifkan siswa dengan strategi yang menarik, namun bisa jadi penguatan awal dan pengkondisian siswa belum secara maksimal mencapai apa yang harusnya tercapai sebelum guru memutuskan untuk menggunakan strategi pengaktifan kelas.

Nah, 3 sebab inilah yang menjadi sebab utama mengapa kelas anda terasa sunyi dan sepi seperti kuburan, yang seharusnya penuh dengan semangat dan antusiasme yang cukup dalam proses pembelajaran. Bagaimana di kelas anda sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.