Spread the love

Pembelajaran daring yang dimarakkan akhir-akhir ini memiliki dampak negatif dan positif dalam penerapannya. Kita telah mengulas sedikit dampak negatif pembelajaran daring di artikel sebelumnya (Tips untuk Guru Mengoptimalkan Pembelajaran Daring) beserta beberapa tips untuk para guru mengoptimalkan pembelajaran daring.

Beberapa dampak negatif dari pembelajaran daring yakni kurang pahamnya pendidik terhadap konsep pembelajaran daring, implementasi pembelajaran daring yang kurang maksimal, dan keterbatasan atas fasilitas untuk pembelajaran daring. Hal ini tentu dapat mengganggu hasil dari pembelajaran daring dan harus segera diatasi. Bagi guru hendaknya memaksimalkan pembelajaran daring dengan memahami konsep dari pembelajaran daring itu sendiri. Peserta didik pun juga harus menyiapkan kiat-kiat agar pembelajaran daring dapat maksimal.

Lihat juga Trik Belajar Optimal di Tengah Keramaian COVID.

Sahabat pendidik, dampak negatif selalu bergandeng dengan dampak positif. Sudah seharusnya kita juga memahami dampak positif apa yang dibawa oleh pembelajaran daring. Dengan begitu, kita bisa memaksimalkan adanya dampak positif tersebut. Nah kali ini kami akan mencoba mengulas dampak positif yang dibawa oleh Pembelajaran daring. Check it out, yuk!

  1. Menambah Kreatifitas dalam Model Pembelajaran

Bentuk pembelajaran yang berubah karena bersistem daring (dalam jaringan) tentu akan membutuhkan banyak kreatifitas agar pembelajaran dapat tetap berjalan dengan lancar. Tuntutan untuk tiap pendidik menemukan cara-cara pembelajaran daring yang efektif ini menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk menciptakan sesuatu yang baru. Bagaimanapun pembelajaran harus bisa menciptakan  hasil belajar yang baik. Tuntutan kreatifitas ini dapat menjadi pemicu bagi para pendidik agar menciptakan model pembelajaran yang baik.

  • Tidak Gagap Teknologi

Tuntutan untuk melakukan pembelajaran secara daring akan melibatkan peran teknologi dan jaringan. Hal ini sangat menguntungkan bagi sahabat yang sudah bisa teknologi, seperti mengoperasikan komputer, internet, gawai, dan berbagai macam fitur yang mampu mengembangkan pembelajaran. Lalu bagaimana dengan sahabat kita lainnya yang belum bisa mengoperasikan teknologi dengan baik? Tentunya ini juga akan sangat menguntungkan meski harus melalui proses belajar lebih dahulu. Tuntutan pembelajaran daring, mau tidak mau, akan membuat kita belajar untuk tidak gagap teknologi. Hal ini menjadi dampak positif karena akan banyak orang yang semakin melek teknologi.

  • Meningkatkan Bakat Anak
Baca Juga  Mengapa Sekolah Legendaris Ini Sekarang Sepi Siswanya (Bagian 2)

Tidak dipungkiri bahwa selama di rumah, waktu peserta didik belajar tentunya lebih sedikit daripada di sekolah. Pembelajaran berupa penugasan atau pertemuan secara video call pastinya hanya dilakukan di jam-jam tertentu sehingga peserta didik memiliki waktu luang lebih banyak daripada ketika masuk sekolah. Hal ini akan sangat bagus jika digunakan untuk mengasah hobi peserta didik.

Pembelajaran daring dapat membawa dampak positif ini jika peserta didik yang bersangkutan memiliki kemauan besar untuk terus mengasah hobi dan menjadikannya seperti permainan yang menghibur. Selain itu juga akan terlaksana jika para orang tua atau wali peserta didik mengarahkan dan mendampingi anak didiknya untuk mengembangkan hobi dan bakatnya, baik melalui koordinasi dari pendidik atau melalui kesadaran pribadinya. Namun, jika peserta didik dibiarkan dengan waste time maka dampak positif ini tidak akan didapat, melainkan bisa menjadi dampak negatif dari pembelajaran daring. Oleh sebab itu, pendidik dan orang tua harus terus menjaga koordinasi terkait perkembangan belajar peserta didik selama di rumah..

  • Menambah Wawasan tentang Literature Online

Segala bentuk pembelajaran daring pasti juga akan melibatkan bahan bacaan secara daring. Misalnya saja para pendidik yang mengirim materi secara daring, baik berupa video/pdf/power point sebagai pengganti materi yang biasanya disampaikan secara lisan di kelas.

Selain itu kita juga tidak memungkinkan mencari bahan bacaan di perpustakaan sekolah karena sedang ditutup, maka sebagai alternatif kita harus memahami perpustakaan online, seperti Ipusnas, Google Play Book, dan beberapa website jurnal ilmiah di google.

  • Menambah Pengetahuan tentang Program Pembelajaran di Televisi

Selain menambah bahan bacaan secara daring, kita juga dapat menambah pengetahuan melalui beberapa program pembelajaran di telivisi. Salah satu contohnya yakni program “Belajar di Rumah” di channel TVRI. Selain menambah wawasan melalui telivisi, hal ini juga dapat menghindarkan anak-anak dari menonton program-program TV yang kurang mendidik.

Baca Juga  Training of Trainer 2017

Sahabat pendidik, kita juga perlu menyadari dan memahami adanya dampak positif atas pembelajaran daring agar dapat memaksimalkan dampak tersebut dalam penerapan pembelajaran daring. Dengan begitu diharapkan hasil belajar peserta didik juga bisa lebih maksimal.

Nah, selain lima poin diatas, sahabat pendidik pasti memiliki poin-poin lainnya terkait dampak positif pembelajaran daring. Tentunya kami sangat menunggu tambahan poin dari sahabat pendidik di kolom komentar yaJ

Informasi Penting :

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dimasa pandemi Covid-19 ini, Kualita Pendidikan Indonesia akan membantu sahabat pendidik untuk melakukan proses belajar mengajar jarak jauh. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Refrensi:

Rahmawati, 2020. Positif Negatif BelajarLewat Daring. www.kompasiana.com 

Republika. 2020. Nadiem Jelaskan Makna Pembelajaran Daring. www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/q7p9wr409 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.