Trik Belajar Optimal di Tengah Keramaian COVID-19

Mar 17, 2020 | Artikel Pendidikan | 1 comment

 

Tersebarnya Corona Virus Desease (COVID-19) hingga ke Indonesia menimbulkan kewaspadaan penuh di lingkungan masyarakat Indonesia. Penyebaran Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan ini membuat beberapa sekolah dan universitas mengambil keputusan untuk libur dan diganti dengan pembelajaran daring. Beberapa sekolah dan universitas mulai diliburkan sejak tanggal 16 Maret 2020. Namun sejatinya, sekolah tidak benar-benar libur karena pembelajaran tetap berlangsung secara daring. Maka yang berubah adalah cara kita untuk belajar karena pembelajaran secara daring bisa dilakukan di rumah sambil bersantai.
Jika ditelisik dari sudut pandang berbeda, pembelajaran secara daring dapat menjadi kurang efektif jika kita menghadapinya dengan kurang optimal. Tentunya pengawasan orang tua juga menjadi kunci utama agar anak tetap maksimal belajar di rumah. Tapi ini bukan satu-satunya kunci agar anak optimal belajar di rumah. Melainkan ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan agar maksimal belajar di rumah. Nah, mimin punya beberapa tips dan trik agar bisa belajar di rumah dengan optimal nih. Apa saja ya kira-kira? Check it out yuk!!

1. Berkreasi dengan Tempat Belajar

Tempat belajar jadi tempat krusial untuk menentukan kenyamanan kita dalam belajar. Itu sebabya kita perlu mengkreasikan tempat belajar kita sendiri agar fokus dan nyaman ketika belajar. Namun jika seorang anak belum bisa mengkreasikan tempat belajarnya sendiri, maka orang tua wajib memberikan fasilitas tersebut. Bagaimanapun orang tua yang memahami kesukaan buah hatinya.

2. Atur Waktu Belajar

Tidak hanya tempat yang harus diatur sedemikian rupa, tapi waktu belajar juga harus diatur. Terkait waktu belajar, baiknya kita sedang dalam kondisi good mood, karena belajar dengan terpaksa tidak membuahkan hasil yang optimal. Bisa dibilang, belajarnya akan jadi setengah-setengah. Selain gangguan badmood, seringkali proses belajar diganggu oleh kebosanan. Semakin lama belajar, semakin besar hadirnya peluang rasa bosan.

Nah terus gimana dong? Kita bisa gunakan teknik pomodoro. Pomodoro ini merupakan teknik belajar yang diciptakan oleh Francesso Cirillo. Teknik yang beradasarkan time management ini bisa dicoba sebagai teknik belajar yang efektif. Teknik ini membagi wakru belajar dengan interval 25 menit. Setelah belajar selama 25 menit, harus ada jeda 5 menit untuk istirahat. Terus lakukan dengan cara seperti itu. Hingga kali keempat, kita boleh mnggunakan waktu istirahat yang lebih panjang.

Teknik demikian sangat ampuh untuk mengusir kebosanan ketika belajar. Istirahat yang waktunya sebentar memang ditujukan agar kita tidak berlama-lama saat bermain-main alias istirahat seperlunya saja.

3. Konsisten Belajar tiap Hari meski Sebentar

Tidak masalah belajar sebentar, asalkan konsisten belajar tiap hari. Cara ini lebih efektif daripada belajar lama namun hanya dilakukan dalam satu hari penuh. Mengingat belajar sering mengundang bosan, jadi tidak baik jika dipaksakan memahami materi berlama-lama hanya dalam satu hari.

4. Memaksimalkan Belajar secara Daring/Online

Tentunya ini bukan cara yang asing lagi karena teknologi sudah menyediakan banyak wadah di internet untuk mendukung keberhasilan anak dalam belajar di era digital ini. Bahkan sekolah juga sudah ada yang memberikan fasilitas belajar secara daring melalui laman sekolah itu sendiri. Hal ini perlu dimaksimalkan.

Di internet juga sudah banyak channel-channel yang bisa membantu anak untuk membuka wawasan baru, seperti artikel-artikel di google schoolar atau pembelajaran visual dan auditori melalui youtube. Memaksimalkan segala faislitas positif ini dapat mendukung optimalisasi belajar anak. Contohnya, menonton channel youtube pendidikan, lalu mencatat poin-poin penting yang didapat. Contoh ini bisa cocok banget nih buat anak yang gaya belajarnya dengan cara mendengar dan menulis.

5. Temukan Gaya Belajarmu

Langkah ini sangat penting agar kita tahu jalur apa yang bisa kita tempuh agar bisa belajar dengan lebih nyaman. Ada anak yang gaya belajarnya visual, auditori, dan kinestetik. Setiap gaya belajar ini tidak ada yang lebih baik karena bergantung pada pribadi masing-masing anak cocok pada gaya belajar yang seperti apa.

6. Siap Sedia Cemilan Sehat

Siapa yang suka nyemil ketika belajar/? Mimin juga suka loh! Tapi jangan sampai nyemil bisa membuat fokus belajar kita menurun. Sedia cemilan sehat sangat penting untuk mengusir rasa bosan atau mungkin rasa kantuk ketika belajar di rumah. Nah biasanya cemilan ini jadi temen yang bisa mengusir rasa kantuk dan bosan. Poin penting dari menyediakan cemilan ini adalah harus sehat dan bergizi. Mengingat COVID-19 sedang marak di kalangan masyarakat, maka kita perlu menjaga kesehatan selama belajar di rumah.

7. Menjaga Kebersihan Alat Tulis/Gawai/Laptop

Menjaga kebersihan alat-alat yang kita gunakan untuk belajar itu bisa sangat berguna untuk menghindari alat-alat kita dari debu-debu yang barangkali membawa virus. Jadi kita harus selalu membersihkan alat tulis, gawai, atau laptop yang kita gunakan untuk belajar.

8. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup di siang dan malam hari akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kita. Setelah beraktifitas seharian penuh, pastinya seluruh elemen badan kita perlu diistirahatkan untuk mengisi stamina agar bisa fit ketika beraktifitas esok hari.

9. Olahraga Rutin

Olahraga rutin juga sangat bermanfaat untuk membugarkan fisik dan pikiran kita. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dan tertatur dapat memenuhi kebutuhan otak kita. Itu sebabnya olahraga juga sangat penting untuk meningkatkan daya pikir anak.

10. Tumbuhkan Motivasi Intrinsik

Nah! Langkah ini bisa menjadi langkah terpenting untuk bisa belajar dengan optimal selama di rumah. Kok bisa sih? Motivasi intrinsik adalah dorongan kuat yang datang dari dalam diri kita sendiri. Agar kita bisa belajar optimal, tentunya harus ada dorongan yang kuat dari dalam diri kita sendiri. Kemauan yang besar untuk belajar dan menambah wawasan lebih luas dapat menjadi pendukung yang sangat kuat agar kita bisa belajar dengan optimal.

Dari ke sepuluh tips dan trik di atas, nomor berapa aja nih yang udah kamu lakuin? Nomor berapapun yang sudah diterapkan, kunci penting dari optimalisasi belajar di rumah selama libur karena COVID-19 adalah berasal dari diri kita sendiri. Meningkatkan kemauan untuk tetap belajar maksimal juga akan meningkatkan usaha kita untuk mengoptimalkan pembelajaran selama di rumah.

Terpenting lagi, meski harus libur dan belajar di rumah, sebagai generasi penerus bangsa, kita harus selalu semangat belajar, menambah wawasan agar kelak bisa bermanfaat untuk agama, bangsa, dan negara. Jangan lupa jaga kesehatan dan kebersihan agar kita tetap terhindari dari Corona Virus Desease.

Informasi Penting :

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dimasa pandemi Covid-19 ini, Kualita Pendidikan Indonesia akan membantu sahabat pendidik untuk melakukan proses belajar mengajar jarak jauh. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Sumber:

Nestle. (2018). 5 Manfaat Olahraga bagi Tubuh. www.sahabatnestle.co.id

Dian Ismarani. (2016). Tenik Pomodoro, Teknik Belajar yang Efektif, Efisien, dan Bikin Kamu Jauh Lebih Fokus. [online]. www.rencanamu.id

%d bloggers like this: