30 Kegiatan yang Dapat Dilakukan Siswa selama Masa Pembelajaran Daring

May 7, 2020 | Artikel Pendidikan | 1 comment

Perubahan sistim belajar mengajar menjadi pembelajaran daring cukup menawarkan banyak permasalahan karena menjadi kali pertama diterapkan secara keseluruhan. Mulai dari permasalahan fasilitas internet, keterbatasan akses gawai, dan ketidak siapan pendidik serta peserta didik untuk kreatif dalam menjalani pembelajaran daring.

Banyak siswa yang merasa memiliki waktu lebih banyak untuk bermain sebab pembelajaran daring hanya membutuhkan waktu lebih sedikit dari pembelajaran secara langsung. Pembelajaran daring yang umumnya dilakukan dengan pemberian dan pengumpulan tugas tentunya hanya akan menyita sedikit waktu siswa untuk belajar.

Oleh sebab itu, perlu adanya beberapa kegiatan mendidik yang dapat diberikan pada siswa dan berhubungan dengan masing-masing mata pelajaran. Bukan sekadar mendidik, namun juga perlu kreatif. Hal ini dimaksudkan untuk menambah jatah waktu belajar siswa dengan kegiatan yang menarik dan mendidik. Selain itu juga untuk menjauhkan kebosanan belajar pada siswa selama masa pembelajaran daring. Biasanya siswa akan merasa lepas tangan jika tugas-tugasnya sudah selesai sehingga memilih mengisi waktu dengan belajar.

Pada kesempatan kali ini, kami akan meyebutkan beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh siswa untuk mengisi waktu luang setelah menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Tentunya bukan kegiatan yang membebankan, namun kegiatan yang menarik sehingga siswa bisa lebih eksplorasi wawasan dalam kegiatan tersebut.  Kira-kira apa saja ya? Check it out, yuk!

1. Kegiatan yang Relevan dengan Seluruh Mata Pembelajaran

Jika tugas yang diberikan sudah selesai, pendidik bisa menyarankan beberapa kegiatan berikut untuk mengisi waktu luang siswa:

  1. Meminta siswa membuat catatan kemajuan belajar dengan mendata nilai-nilai yang sudah diperoleh sebelumnya. Hal ini dapat membantu siswa memahami hasil belajarnya sendiri sehingga akan berpengaruh pada motivasi internalnya untuk mau meningkatkan hasil belajarnya tanpa paksaan.
  2. Membuat quiz atau permainan soal kreatif untuk menguji pemahaman siswa. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan sekreatif mungkin, misalnya mengikutsertakan beberapa gambar dalam quiz yang diberikan secara online. Pendidik juga dapat memanfaatkan beberapa quiz game di gawai yang sesuai dengan tingkatan siswa.
  3. Mengunjungi tempat-tempat penting di Indonesia secara online. Dalam kegiatan ini pendidik dapat meminta siswa untuk mencatat apa saja yang didapat dari kunjungannya.
  4. Menonton film/video pembelajaran lalu membuat catatan atas apa yang telah dipelajari dari film/video yang telah ditonton.
2. Kegiatan yang Relevan dengan Mapel Bahasa dan Seni

Berikut beberapa kegiatan yang berkaitan dengan bahasa dan seni yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang siswa:

  1. Membaca buku fiksi/nonfiksi sesuai dengan tingkatan siswa. Dalam kegiatan ini siswa dapat diminta untuk menuliskan resensi bacaannya lalu menyebarkan di sosial media yang dimiliki.
  2. Merensi biografi orang-orang penting di Indonesia, seperti Preseiden, Pahlawan-pahlawan kemerdakaan, atau orang-orang sukses lainnya.
  3. Menulis biografi sendiri atau biografi anggota keluarga lalu menjilid jadi satu buku berjudul Biografi Keluarga.
  4. Menulis surat untuk keluarga atau teman yang jauh darinya lalu mengirimkannya melalui surel atau media daring lainnya.
  5. Membuat catatan harian tentang hikmah kegiatan hari ini di platform media sosial. Selain melatih kemampuan menulis siswa, kegiatan ini juga dapat melatih mentalitas siswa untuk mempublikasikan karya.
  6. Meminta siswa untuk menuliskan rencana berliburnya atau target yang ingin dicapainya.
  7. Membaca arti sebuah gambar atau mempharafase gambar menjadi beberapa tulisan narasi.
  8. Mengajak siswa untuk melukis apa yang ada di pikirannya, baik melalui lukisan pensil atau lukisan cat air sebagai upaya mengembangkan keterampilan visual siswa.
  9. Mengarahkan siswa untuk mencatat beberapa kosa kata bahasa Indonesia dan  bahasa asing setiap harinya untuk memperbanyak pembendaharaan kosa kata.
  10. Mengarahkan siswa untuk membaca koran dan mencatat beberapa kalimat tidak efektif dalam koran tersebut.
3. Kegiatan yang Relevan dengan Mapel Matematika

Selanjutnya, berikut beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pelajaran Matematika yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang siswa:

  1. Melatih kemampuan matematika siswa dengan bermain games online yang berhubungan dengan matematika.
  2. Mengukur panjang, lebar, luas, atau volume suatu benda yang ada di sekitar rumah.
  3. Menjadikan benda-benda dalam rumah sebagai model untuk menyelesaikan permasalahan matematika.
  4. Mengajak siswa untuk membantu ibu/ayah memasak dengan tujuan untuk mencatat ukuran masing-masing bahan masakan. Setelah itu pendidik dapat mengarahkan siswa untuk melipat gandakan ukuran bahan masakan tersebut, serta menghitung masakan dengan ukuran bahan demikian itu dapat dimakan oleh berapa orang.
  5. Mengajak siswa berkunjung ke beberapa kota secara online, lalu mintalah mereka untuk mencatat waktu/jarak perjalanan menuju kota yang berbeda dengan bantuan Google Maps.
  6. Mengajak siswa untuk membandingkan total pembelian item yang sama di dua toko berbeda dengan menghitung persentase selisih keduanya.
4. Kegiatan yang Relevan dengan Mapel IPA

Kemudian, kami juga sampaikan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pelajaran IPA yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang siswa:

  1. Meminta siswa mengamati kondisi alam di lingkungan rumahnya.
  2. Memantau perubahan cuaca atau tingkat polusi di lingkungan sekitarnya menggunakan aplikasi gawai, seperti kondisi cuaca, aplikasi Air Visual, atau aplikasi lain yang berfungsi sama.
  3. Mengarahkan siswa untuk menanam tumbuhan dan merawatnya dengan baik. Siswa dapat diminta menuliskan perkembangan dari pertumbuhan tanaman tersebut dalam catatan singkat.
  4. Menonton video eksperimen sains dan mencatatnya menjadi sebuah laporan tertulis.
  5. Siswa juga dapat diarahkan untuk mengamati binatang yang dapat dijangkau dar lingkungan rumahnya, seperti mengamati jenis burung yang berbeda-beda, suara burung, jenis kucing yang berbeda-beda, makanan dari masing-masing jenis hewan tersebut, dan lain-lain.
5. Kegiatan yang Relevan dengan Mapel Sosial Budaya

Terakhir, berikut beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pelajaran Sosial Budaya yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang siswa:

  1. Mengunjungi tempat-tempat bersejarah secara online dan menuliskan hal-hal yang dapat diambil dipelajari dari kunjungan tersebut.
  2. Menambah wawasan sejarah Indonesia melalui bacaan buku atau tontonan video.
  3. Mengamati budaya desa masing-masing dan menuliskannya dalam bentuk laporan atau catatan narasi.
  4. Menonton film-film sejarah Indonesia.
  5. Mengunjungi kota-kota lain di Indonesia secara online, lalu catatlah pakaian adatnya, budayanya, makanan khasnya, serta lain-lain yang menunjukkan kekhasan kota tersebut.

Sahabat pendidik, beberapa kegiatan diatas tentunya hanya beberapa bagian dari banyaknya kegiatan kreatif yang dapat kita arahkan untuk mengisi waktu luang siswa dengan tetap memberi nilai pendidikan. Pendidikan harus terus berjalan bagaimanapun kondisi suatu negeri. Karena disinilah generasi bangsa ditempa menjadi lebih baik untuk bisa memajukan negeri tercinta. Kalau sahabat punya list kegiatan kreatif dan mendidik lainnya, kami sangat senang jika sahabat mau berbagi di kolom komentar di bawah ini yaJ 

Referensi:

Barnholt, Peggy. 2014. 47 Learning Activities for Virtual School Students Who Finish Work. www.connectionsacademy.com

%d bloggers like this: