liburan produktif

Libur sekolah adalah waktu yang mungkin dinantikan oleh sebagian dari kita yang berkutat di sekolah. Rutinitas harian yang begitu menyita waktu dan dilakukan terus-menerus selama waktu yang lama membuat jiwa dan raga kita sebagai seorang pendidik merindukan “jeda” dan “istirahat”.

Momen liburan sekolah adalah momen yang tepat untuk memberi jeda dan istirahat. Lalu, apakah hanya sekedar menghibur diri berupa jeda dan istirahat saja?

Untuk membuat liburan yang produktif, setidaknya saya membaginya menjadi 3 jenis aktivitas:

1. Aktivitas Pengembangan Diri

Saat liburan, waktu yang tepat untuk berlibur, mengunjungi tempat-tempat indah bersama keluarga atau sahabat. Melepas penat dan melakukan aktivitas yang menyenangkan setelah rutinitas panjang harian yang cukup membosankan bagi sebagian orang.

Pastikan, anda memilih kegiatan atau aktivitas liburan yang membuat anda semaki fresh dan menjadi pribadi yang lebih menikmati hidup. Orang menyebutnya juga dengan istilah “Live out of the Wall“. Menikmati kehidupan sebagai seorang pemuda, sebagai orangtua, sebagai anak, dan sebagai seorang warga negara sekaligus bagian dari kehidupan bermasyarakat.

Jeda, berfungsi sebagai pengumpul semangat dan energi saat liburan dan pastikan tidak berlebihan dalam mengalokasikan energi.

2. Aktivitas Pengembangan Karir

Sebagai seorang guru yang berkarir sebagai pendidik, tentunya liburan juga bukan berarti melupakan semua hal yang berhubungan dengan karir kita. Bagaimana bisa kita melenakan diri untuk bersenang-senang, lalu kemudian kaget saat masuk kembali ke sekolah?

Kegiatan yang bisa dilakukan untuk ketegori ini seperti: membaca buku-buku tentang bagaimana mengoptimalkan peran guru, mengikuti short-training atau short-course yang bisa mengasah kompetensi sebagai pendidik.

3. Aktivitas Persiapan Pembelajaran

Sebagai guru sekaligus pendidik, persiapan pembelajaran awal semester seharusnya menjadi bagian yang sudah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga  Diklat Kepala Sekolah I Edisi ke-2 (April)

Mendesain kelas, membuat perangkat, media pembelajaran, lesson plan, dan matrikulasi materi bisa kita lakukan saat liburan ini. Biasanya para guru profesional melakukannya menjelang masuk sekolah. Selain, bisa bekerjasama dengan guru lain, juga bisa melibatkan para pemangku kepentingan dan kebijakan sekolah.

Dari tiga kategori tersebut, anda bisa membuat daftar aktivitas apa saja yang bisa anda optimalkan diliburan kali ini. Dengan membuat daftar rencana kegiatan yang terbagi menjadi kategori di atas, liburan produktif bisa tercapai dengan mudah dan tidak menjadi penyesalan saat anda masuk kembali beraktivitas di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.