ujian-terbuka

Ujian Terbuka Disertasi S3 Manajemen Pendidikan UNESA dilaksanakan pada hari Senin, 7 Januari 2019 dengan Promovendus Direktur KPI Grup, Bpk. Shobikhul Qisom, M.Pd dengan judul disertasi “Pengembangan Model Training and Coaching Untuk Meningkatkan Kinerja Direktur Pendidikan di Yayasan Al Ibroh Gresik”.

Ujian terbuka ini dilaksanakan di Auditorium Pascasarjana UNESA Lt. 3 yang diuji oleh 8 orang penguji dan diketuai oleh Prof. Dr. Ismet Basuki, M.Pd. yang sekaligus merupakan Direktur Pascasarjana Unesa. Acara berjalan dengan lancar dan para undangan yang terdiri dari kalangan akademisi dan praktisi pendidikan tampak antusias menyimak setiap pertanyaan dari penguji sekaligus jawaban dari promovenda yang sesekali membuat seisi ruangan terhibur. Seperti pertanyaan dari salah seorang penguji yang mempertanyakan apa bedanya nama Shohibul dan Shobikhul. Sontak, pertanyaan ini mengundang tepuk tangan dan riuhan para undangan yang hadir.

Pertanyaan-pertanyaan dari para penguji lain juga tidak kalah menarik seperti apa perbedaan direktur holding perusahaan dan direktur pendidikan? Pertanyaan ini disampaikan oleh Prof. Dr. Muchlas Samani yang sekaligus promotor. Pertanyaan ini kemudian juga ditambahkan oleh beliau untuk menjadi bahan perenungan bersama seluruh audiens yang hadir.

Hampir semua pertanyaan dari para penguji dijawab dengan baik oleh Promovendus, dan sesekali para penguji juga menyampaikan saran dan kritik yang berhubungan dengan temuan-temuan teknis alih bahasa. Diakhir ujian terbuka ini ditutup dengan nasihat-nasihat singkat namun mengena oleh Promotor Provendus yakni, Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd dan Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd. serta dipimpin doa oleh Ust Ahmad Habibul Muis, Lc, M.A.

Harapan dari para penguji dan promotor adalah selesainya ujian ini, akan ada banyak ide-ide pendidikan dan para akademisi yang memperdalam penelitian ini sampai pada tahap outcome serta memotivasi para mahasiswa S2 maupun S3 yang sedang menempuh pendidikan agar bersegera menyelesaikan tesis dan disertasinya. (r)

Berbagi inspirasi:
Baca Juga  Download (Unduh) Kisi-kisi USBN dan UN 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.